hit counter code
Welcome Guest [Log In] [Register]


News Update

Reminder

KALENDER NIH TERM 22

Kami mengingatkan sekali lagi kepada para member IndoHogwarts untuk tetap menyertakan terjemahan pada bahasa asing selain bahasa Indonesia dan tetap berada pada rating yang ditentukan.


Posted Image
Selamat datang di Forum Role Play Basis Teks
INDOHOGWARTS


Kami berharap kamu dapat menikmati kunjungan ini. Saat ini, kamu sedang meninjau Forum kami sebagai guest/tamu. Hal ini berarti area tinjauanmu terhadap board dan fitur-fitur yang dapat digunakan di dalam Forum ini masih sangat terbatas.

Registrasi dalam Forum ini bebas biaya, namun tahapannya tidak terlalu sederhana, kamu disarankan untuk membaca terlebih dahulu Registrasi dan Aplikasi sebelum mendaftar pada waktu yang telah ditentukan.

Jika kamu sudah menjadi member, silahkan log in ke dalam Akunmu untuk mengakses Forum.
Posted Image

Username:   Password:
Add Reply
Spesialisasi Sihir 0.9.8
Topic Started: Nov 24 2016, 10:09 AM (2,126 Views)
Periculum

PERINGATAN!

Seluruh informasi dan konten berikut ini sepenuhnya adalah hasil ide, kreasi, pikiran dan Imajinasi Forum Role Play IndoHogwarts yang dipadukan dengan berbagai macam sumber. Segala penggunaan informasi di luar Forum ini adalah terlarang dan dapat dikenakan sanksi yang berat dan tegas oleh Admins Forum IndoHogwarts dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Posted Image

Release Notes


V. 0.9.8
Pada versi ini terdapat banyak perubahan dan penambahan pada spesialisasi. Penambahan terbesar adalah hadirnya spesialisasi kedua yang dapat dimiliki oleh chara. Untuk perubahan, seluruh efek kemampuan aura pada spesialisasi dihilangkan dan Evocation serta Divination akan memiliki metode level yang sama dengan spesialisasi lainnya.

Fitur
Memperoleh Spesialisasi
Siswa akan memperoleh spesialisasi sesuai dengan mata pelajaran yang telah diambil. Sistem poin abilities dari status kelulusan akan ditiadakan.

Spesialisasi Lain
Mengubah definisi mengenai cara mengambil spesialisasi lain dan menambah ketentuan mengenai cara mengambil spesialisasi lainnya.


Sistem

  • Mengganti nama spesialisasi untuk mempermudah pemahaman.

  • Poin perolehan level pada setiap spesialisasi menjadi sama.

  • Abjuration
    Menambah kemampuan Level 6 Abjuration I (Fidelius tetap ada di level 6)
    Memperjelas kemampuan Level 10 Abjuration I

  • Conjuration
    Meningkatkan kemampuan summoning

  • Divination
    Divination dibagi menjadi 2 dan masing-masing memiliki 10 level
    Menambah kemampuan level 2 pada spesialisasi Divination

  • Evocation
    Evocation dimulai dari level 1 dan memiliki 10 level dengan konsentrasi ilmu.

  • Manipulation
Quote:
 
Mengubah kemampuan Manipulation I dan II dari semula:
Level 1 Mesmerize
Pada tingkatan ini, setiap orang akan memiliki impresi pertama bahwa para manipulator adalah orang yang menarik dan baik
menjadi
Quote:
 
Level 1 Human Nature Studies - 30
Mengetahui dengan baik bagaimana cara kerja setiap indera, otak, dan perasaan pada manusia. Kemampuan ini membuat serangan ke arah manipulator lebih lemah.
Apabila manipulator menerima serangan, serangan tidak akan terasa apabila diserang oleh level di bawah atau sama dengan manipulator.


  • Healing
Mengubah kemampuan Healing dari yang semula
Quote:
 
Level 4 Soothing Presence - 60
Kehadiran healer membuat perasaan tenang orang di sekitarnya.
menjadi
Quote:
 
Level 5 - Group Healing
Ketika ada 2 atau lebih Healer di level ini, dan melakukan rapalan bersama-sama, kemampuan penyembuhan serangan dari mantera menjadi level 10. Seluruh perapal tidak dapat melindungi diri dari serangan apapun ketika mantera ini aktif. Membutuhkan post minimum 1 untuk tiap Healer agar kemampuan bekerja.


  • Necromancy
Mengubah kemampuan Necromancy I dan II dari yang semula
Quote:
 
Level 5 Chilling Presence - 30
Necromancer memiliki aura ketakutan dan terror kepada orang di sekitarnya. Orang yang berada di sekitar akan merasakan ingatan tentang ketakutan dan kekhawatiran. Tidak berefek pada spesialisasi lain yang berlevel lebih tinggi.
menjadi
Quote:
 
Level 5 Chain of Darkness - 70
Necromancer menggabungkan kemampuannya untuk menciptakan kutukan pada benda/wilayah yang tak terkalahkan apabila ada 3 Necromancer atau lebih menggabungkan kemampuannya. Apabila kemampuan ini digunakan, maka kemampuan Dark Magic Mastery (Necromancy Level 4) tidak berlaku.
Penghitungan kemampuan: (Level Necromancy 1 + Level Necromancy 2 + Level Necromancy 3) : Jumlah Necromancer= Level Kemampuan Kutukan
Contoh: (Necromancy Level 5 + Necromancy Level 7 + Necromancy Level 6) : 3 = Kemampuan Kutukan Level 8 (apabila angka tidak bulat maka pembulatan menjadi ke bawah)


Teknikal
Mengganti nama pada profile

V. 0.9 - V. 0.9.7


Posted Image
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Periculum

Posted Image


Spesialisasi Sihir


Definisi.

Spesialisasi Sihir di IndoHogwarts dapat diartikan sebagai kemampuan khusus suatu Chara dewasa di salah satu bidang sihir terlepas dari jenis pekerjaannya. Spesialisasi sihir memungkinkan chara untuk mengeluarkan sihir-sihir tingkat tinggi yang bersifat khusus dan digunakan sebagai syarat untuk sejumlah pekerjaan sihir. Spesialisasi terbagi menjadi beberapa tingkatan yang disebut level. Selain level spesialisasi, beberapa spesialisasi sihir juga terbagi dalam kemampuan-kemampuan khusus yang disebut sub spesialisasi.

Macam-macam Spesialisasi Sihir.

  1. Abjuration
    Abjuration adalah spesialisasi sihir yang dikhususkan pada pemunahan kutukan, sihir perlindungan (baik untuk diri sendiri, orang lain maupun wilayah dalam skala tertentu), netralisasi/menghilangkan efek mantra (terutama yang berasal dari sihir hitam), dan sihir perlindungan rahasia (Fidelius charm). Spesialisasi sihir Abjuration memiliki dua sub spesialisasi yang baru bisa dipilih untuk dikuasai setelah seorang Abjurer mencapai kemampuan umum Abjuration level 5. Kedua sub spesialisasi tersebut adalah:
    • Abjuration I, yaitu kemampuan Abjuration yang lebih mengkhususkan pada pemunahan kutukan dan sihir hitam.
    • Abjuration II, yaitu kemampuan Abjuration yang lebih mengkhususkan pada sihir-sihir perlindungan.

    Mengenai kemampuan yang bisa dilakukan oleh setiap level sihir Abjuration dapat dilihat dibaca di sini dan di sini. Umumnya para Abjurer tidak bisa menggunakan kemampuan spesialisasinya untuk menyerang. Meskipun memiliki daya tinggi dalam membuat perlindungan atau menghancurkan/membatalkan pengaruh sihir terhadap suatu benda atau manusia, para Abjurer memiliki kemampuan sihir menyerang yang relatif setara dengan penyihir dewasa pada umumnya. Kemampuan sihir yang termasuk dalam spesialisasi Abjuration antara lain: Protego, Fianto Duri, Fidelius charm, Finite Incantatem, Impertububle, Meteolojinx Recanto, Homorphus, Protego Horribilis, Repello Muggletum, Repello Inimicum, Salvio Hexia, Evanesco. Penjelasan lebih lanjut mengenai mantra-mantra Abjuration dan syarat penguasaannya bisa dilihat di Daftar Mantra Spesialisasi Sihir

  2. Conjuration
    Conjuration merupakan spesialisasi sihir yang berhubungan dengan pemahaman mengenai tumbuhan sihir, hewan sihir dan makhluk gaib, kemampuan menangani hewan sihir dan makhluk gaib, kemampuan memahami dan berkomunikasi dengan hewan sihir, serta kemampuan untuk memanggil bahkan mengendalikan hewan sihir (termasuk naga pada level yang lebih tinggi). Spesialisasi sihir Conjuration tidak memiliki sub spesialisasi. Pembagian kemampuan Conjurer dalam setiap level sihir Conjuration dapat dipahami di sini. Kemampuan sihir yang termasuk dalam spesialisasi sihir Conjuration antara lain: mantra Avis, Oppugno, Serpensortia. Penjelasan lebih lanjut mengenai mantra-mantra Conjuration dan syarat penguasaannya bisa dilihat di Daftar Mantra Spesialisasi Sihir.

  3. Divination
    Adalah spesialisasi sihir yang berhubungan dengan sihir dan kemampuan meramal, kemampuan untuk menunjukkan kebenaran, kemampuan memasuki pikiran, kemampuan menutup dan melindungi pikiran, kemampuan melihat masa depan, menetralisir serangan sihir terhadap pikiran manusia, dan pada level yang lebih tinggi mampu berhubungan dengan arwah dan masuk ke alam astral untuk kepentingan mencari kebenaran baik di masa depan, masa sekarang maupun masa lalu. Sub spesialisasi tersebut meliputi:
    • Divination I, yaitu kemampuan Divination yang lebih mengkhususkan pada melihat masa depan, mengetahui kebenaran (melalui benda atau tongkat sihir) dan mendeteksi keberadaan orang yang bersembunyi dengan menggunakan sihir atau benda sihir serta mengkhususkan pada pencarian kebenaran dengan menggunakan bantuan arwah dan alam astra.
    • Divination II, yaitu kemampuan Divination yang lebih mengkhususkan pada melindungi dan menutup pikiran dari mantra Legilimency maupun mantra perusak pikiran lainnya serta memasuki pikiran dan menggali informasi atau kebenaran melalui pikiran manusia.
      Kemampuan sihir yang termasuk dalam spesialisasi sihir Divination antara lain : Caterwauling, Cave Inimicum, Deletrius , Priori Incantatem, Legillimency, Occlumency, Specialis Revelio. Penjelasan lebih detail mengenai mantra-mantra Divination dan syarat penguasaannya bisa dilihat di Daftar Mantra Spesialisasi Sihir. Pembagian kemampuan Diviner dalam setiap level sihir Divination dapat dipahami di sini dan di sini


  4. Evocation
    Evocation adalah jenis spesialisasi sihir yang berhubungan dengan penyaluran atau pemanfaatan energi dari empat elemen alam (udara, air, api, tanah). Sihir-sihir dalam cabang ilmu ini umumnya bersifat menyerang. Kekuatan sihir-sihir Evocation biasanya akan dipengaruhi oleh kemampuan dan kekuatan sihir yang bersangkutan. Mengendalikan dan memanfaat energi alam membutuhkan energi yang cukup besar sehingga meskipun seorang evocator menguasai sihir-sihir yang memanfaatkan energi alam tersebut, tetap saja hanya beberapa yang bisa dikuasai dengan sangat baik. Semakin bertambah kemampuan sihir, semakin bertambah kemampuannya dalam menguasai sihir elemen lainnya.
    Sub spesialisasi tersebut meliputi:
    Mantra yang termasuk dalam spesialisasi sihir Evocation antara lain: Aguamenti, Deprimo, Fiendfyre, Flagrante, Incendio. Penjelasan lebih detail mengenai mantra-mantra Evocation dan syarat penguasaannya bisa dilihat di Daftar Mantra Spesialisasi Sihir. Pembagian kemampuan Evocator dalam setiap level sihir Evocation dapat dipahami di sini

  5. Healing
    Healing adalah spesialisasi sihir yang berhubungan dengan kemampuan untuk menyembuhkan penyakit atau kerusakan baik yang ditimbulkan oleh bibit penyakit sihir, ramuan, racun maupun mantra sihir yang terjadi pada penyihir maupun makhluk lain. Pada tingkat yang lebih tinggi, seorang Healer juga bisa menyembuhkan kerusakan atau gangguan pada pikiran maupun perasaan penyihir yang disebabkan karena pengaruh mantra atau ramuan tertentu. Proses penyembuhan ini bisa berlangsung singkat atau memakan waktu, tergantung dari besarnya dampak kerusakan yang ditimbulkan pada penyihir atau makhluk sihir yang bersangkutan.

    Spesialisasi Healing tidak memiliki sub spesialisasi. Kemampuan menyembuhkan dari seorang Healer akan bertambah seiring dengan peningkatan level spesialisasi sihir. Pada level keenam dan seterusnya, seorang Healer bisa mulai memilih konsentrasi ilmu penyembuhannya. Pembagian kemampuan pada setiap level spesialisasi Healing dapat dipahami di sini. Beberapa mantra yang termasuk dalam kemampuan spesialisasi Healing antara lain: Episkey, Ferula, Reducio. Penjelasan lebih detail mengenai mantra-mantra Healing dan syarat penguasaannya bisa dilihat di Daftar Mantra Spesialisasi Sihir.

  6. Manipulation
    Manipulation adalah spesialisasi sihir yang berhubungan dengan memanipulasi panca indera, pikiran maupun perasaan target. Target bisa berupa penyihir, muggle maupun hewan dan makhluk sihir. Manipulation memiliki dua sub spesialisasi sihir yang bisa dipilih untuk dikuasai setelah seorang Manipulator menguasai kemampuan dasar Manipulation hingga level 5. Sub spesialisasi tersebut meliputi:
    • Manipulation I, mengkhususkan kemampuan dalam memanipulasi panca indera. Ilusionis mampu memunculkan atau menghilangkan sesuatu sehingga mempengaruhi indera objeknya. Pada tingkat yang paling tinggi, seorang Ilusionis bahkan mampu menghilangkan diri sendiri.
    • Manipulation II, mengkhususkan kemampuan dalam memanipulasi pikiran dan perasaan target. Sub spesialisasi ini memungkinkan perapal memodifikasi atau memanipulasi pikiran dan perasaan.

    Pembagian kemampuan pada setiap level spesialisasi Manipulation dapat dipahami di sini dan di sini. Beberapa mantra yang termasuk dalam kemampuan spesialisasi Manipulation antara lain: Confundo, Conjunctivivitus, Obliterate, Obliviate, Cruciatus, Geminio. Penjelasan lebih detail mengenai mantra-mantra Manipulation dan syarat penguasaannya bisa dilihat di Daftar Mantra Spesialisasi Sihir.

  7. Necromancy
    Necromancy merupakan spesialisasi sihir yang berhubungan dengan sihir-sihir hitam, memanipulasi kematian dan kehidupan, memanfaatkan energi kegelapan dan bahkan kematian itu sendiri dan berhubungan dengan arwah. Penguasaan keahlian sihir-sihir ini biasanya membutuhkan kemampuan sihir yang tinggi, waktu yang lama, energi yang cukup besar dan bahkan terkadang harus dibayar mahal dengan kehidupan pribadi dan emosi sang penyihir itu sendiri. Semakin tinggi tingkat kesulitan sihir Necromancy yang dipelajari, semakin banyak pengorbanan yang harus diberikan oleh penyihir tersebut untuk menguasainya. Necromancy memiliki dua sub spesialisasi sihir, yaitu:
    • Necormancy I, mengkhususkan pada kemampuan mengendalikan jasad mati, hantu dan membuat inferi.
    • Necromancy II, mengkhususkan pada kemampuan berkomunikasi dengan arwah dan akses terhadap alam Astral. Seorang Astral Necromancy juga bisa memberikan ramalan masa depan atau pembuktian kebenaran masa lalu dengan menggunakan bantuan para atwah.

    Pembagian kemampuan pada setiap level spesialisasi Necromancy dapat dipahami di sini dan di sini.

  8. Transmutation
    Transmutation merupakan spesialisasi sihir yang berhubungan dengan merubah bentuk. perubahan bentuk ini bisa berlaku untuk penyihir, makhluk atau hewan sihir dan benda. Banyak yang berpendapat bahwa Transmutation merupakan tingkatan lanjutan dari keahlian Transfigurasi. Spesialisasi sihir Transmutation memiliki dua sub spesialis yang bisa dipilih untuk dikuasai setelah seorang Transmuter menguasai kemampuan umum Transmutation hingga level 5. Sub spesialisasi tersebut meliputi:
    • Transmutation I, mengkhususkan kemampuan pada perubahan diri. yang termasuk dalam keahlian ini antar alain kemampuan untuk merubah diri sendiri atau orang lain menjadi benda, kemampuan merubah bentuk (baik secara keseluruhan maupun sebagian)
    • Transmutation II, mengkhususkan kemampuan pada merubah benda, bisa dari benda mati ke benda mati atau benda mati ke benda hidup.

    Pembagian kemampuan pada setiap level spesialisasi Transmutation dapat dipahami di sini dan di sini. Beberapa mantra yang termasuk dalam spesialis Transmutation: Geminio, Homorphus, Piertotum Locomotor. Penjelasan lebih detail mengenai mantra-mantra Transmutation dan syarat penguasaannya bisa dilihat di Daftar Mantra Spesialisasi Sihir.


Posted Image
Edited by Periculum, Nov 24 2016, 11:03 AM.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Periculum

Posted Image

Cara Pendaftaran Spesialisasi Sihir
Chara dewasa dapat mendaftarkan kemampuan spesialisasinya di topik yang telah disediakan di pusat layanan. Ketentuan untuk mendaftar adalah sebagai berikut:
  • Chara dewasa harus memiliki 30 poin abilities untuk ditukar dengan salah satu spesialisasi. untuk ditukar dengan spesialisasi dari ranah teori yang telah dipelajari.
  • Chara dari grup Hogwarts dapat menukar spesialisasi berdasarkan persyaratan kelas.
  • Apabila chara dari grup Hogwarts tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan maka spesialisasi akan mengikuti persyaratan chara dewasa pada umumnya.
  • Mendaftarkan diri pada topik yang telah disediakan.
  • Poin akan dikurangi dan spesialisasi akan ditambahkan.


Tentang Level Spesialisasi Sihir

Level adalah kemampuan suatu chara dalam spesialisasi yang dipelajari. Semakin tinggi angka yang dimiliki maka semakin tinggi juga kemampuan chara tersebut dalam kemampuan spesialisasinya. Berikut adalah ketentuan mengenai level:
  • Ketika telah terdaftar sebagai spesialisasi, chara dewasa akan langsung memiliki kemampuan level 1.
  • Level maksimum penyihir adalah 10.
  • Level kemampuan spesialisasi disesuaikan dengan level penyihir dan perhitungan dari kemampuan spesialisasi.
  • Ketika penambahan level telah mencapai maksimum, level tidak akan berubah namun chara dewasa tetap dapat memiliki kemampuan dari spesialisasi lain yang telah diambil.
  • Level diakui dan kemampuan level dapat digunakan ketika profile fields bagian spesialisasi telah diupdate.
  • Chara dapat mendeskripsikan mantera spesialisasi/mantera dasar yang dirapal berhasil pada kondisi apapun tanpa menggunakan diceroll. Kondisi yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:
    • Chara yang terkena rapalan berada pada tingkat siswa/penyihir dewasa non spesialisasi/penyihir spesialisasi yang memiliki perbedaan 2 level dari perapal.
    • Rapalan terjadi pada kondisi 1 lawan 1.
    • Tidak digunakan untuk membunuh chara lain tanpa seizin Puppet Master.
    • Tidak mengendalikan gerakan/arah chara yang dirapal.
    • Chara dapat mendeskripsikan mantera yang menyerang gagal dalam kondisi apapun tanpa perlu menggunakan diceroll. Kondisi yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:
      • Memiliki perbedaan 2 level dari perapal atau yang dilakukan oleh murid atau yang dilakukan oleh penyihir dewasa non spesialisasi.
      • Chara tidak dalam kondisi tidak sadarkan diri pada dua post sebelumnya.
      • Pada kondisi 1 lawan 1 ketika rapalan terjadi.

    • Untuk chara yang memiliki perbedaan 1 level, dapat menggunakan diceroll 1d3, dengan ganjil sebagai gagal dan genap sebagai berhasil.
    • Untuk chara yang memiliki persamaan level, diceroll yang digunakan adalah 1d2. Pemilihan angka dibebaskan, namun satu harus menjelaskan keberhasilan mantera dan satu harus menjelaskan kegagalan mantera.
    • Member dapat dan dipersilahkan mengatur sendiri ketentuan pada poin 3 - 6. Namun, apabila terjadi perselisihan antar member, atau adanya ketidakadilan, maka poin 3 - 6 akan dijadikan acuan dan member diharuskan membetulkan postnya sesuai dengan ketentuan yang diberikan.
    • Gagalnya chara yang bersengketa untuk melakukan pembetulan pada post akan dianggap sebagai pelanggaran ketentuan spesialisasi.


Cara Meningkatkan Level Spesialisasi
Chara dewasa yang telah mendaftar spesialisasi dapat meningkatkan kemampuan spesialisinya di topik yang telah disediakan di pusat layanan. Berikut tata caranya:
  • Memiliki poin abilities yang cukup untuk ditukar dengan kemampuan
  • Mendaftarkan diri pada topik yang telah disediakan
  • Poin akan dikurangi dan kemampuan akan ditambahkan


Limitasi Kemampuan Spesialisasi Sihir.
  • Seluruh kemampuan spesialisasi hanya dapat dirapal/disebut/dideskripsikan oleh perapal sebanyak satu kali dalam satu post.
  • Beberapa kemampuan hanya dapat dirapal satu kali pada satu topik. Beberapa kemampuan hanya dapat dirapal satu kali setiap termnya.
  • Beberapa kemampuan hanya dapat berlangsung pada sejumlah post. Beberapa kemampuan hanya dapat berlangsung pada topik tersebut. Beberapa kemampuan juga ada yang bersifa permanen.
  • Setiap member diminta untuk membaca baik-baik limitasi dari kemampuan spesialisasi masing-masing.
  • Pelanggaran terhadap batas deskripsi kemampuan sihir akan dikenai sanksi pemberian warn dna pengurangan poin abilities. Hal-hal yang dianggap melanggar limitasi kemampuan spesialisasi sihir meliputi:
    • Menggunakan/mendeskripsikan mantera spesialisasi tidak sesuai dengan tingkatan yang telah ditentukan.
    • Menggunakan/mendeskripsikan kemampuan tidak sesuai dengan spesialisasi yang dimiliki.
    • Memakai mantera yang dikhusukan hanya untuk spesialisasi.
    • Membunuh chara lain tanpa seizin Puppet Master saat menggunakan kemampuan spesialisasi.
    • Melanggar ketentuan limitasi mantera spesialisasi
    • Melanggar ketentuan level.

Sanksi pelanggaran yang dikenakan bisa dibaca [url]di sini[/url]

Posted Image
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Periculum

Posted Image
Panduan Membaca Kemampuan Spesialisasi

NAMA SPESIALISASI


Level 1 Nama Kemampuan
Deskripsi dari kemampuan
2 - Deskripsi kemampuan
3 - Deskripsi kemampuan


Level 2 Nama Kemampuan - poin
Deskripsi dari kemampuan
3 deskripsi dari kemampuan


Level 3 Nama Kemampuan - poin

NAMA SPESIALISASI: merupakan keterangan spesialisasi utama

Level 1: merupakan tingkat kemampuan pemilik spesialisasi saat ini

poin: jumlah poin abilities yang ditukar untuk mendapatkan level tersebut

Nama Kemampuan: merupakan nama (bukan mantera) dari kemampuan pada level tersebut.

Deskripsi dari kemampuan: merupakan penjelasan dari nama kemampuan

2 - Deskripsi kemampuan: merupakan kemampuan tambahan yang diberikan untuk level tersebut ketika penyihir telah naik level spesialisasi. Angka menunjukkan kemampuan akan meningkat pada level...
Note:
Apabila tidak ada angka, maka kemampuan spesialisasi tersebut tidak memiliki peningkatan kemampuan.
Apabila angka telah berhenti pada level tertentu meskipun level telah meningkat, maka kemampuan telah berada pada tingkat maksimum.


[INISIAL] singkatan yang akan digunakan pada kotak profil di sebelah kiri.


Istilah yang perlu diketahui pada deskripsi kemampuan


Level X
Tingkatan dari suatu spesialisasi. Semakin tinggi angka dari level, semakin kuat juga kemampuan mantera.

Mantera aktif
Tidak dapat merapal mantera lain sebelum mantera selesai digunakan.


per Term
dimulai dari penerimaan aplikasi chara dewasa baru hingga open aplikasi chara dewasa berikutnya.

Digunakan x per term
Kemampuan hanya dapat digunakan dalam waktu yang ditentukan pada setiap termnya.

Durasi x post
Kemampuan akan berlangsung selama jumlah post. Dihitung mulai dari post di bawah perapal.

Efek x post
Kemampuan akan berlangsung selama jumlah post. Perhitungan berdasarkan jumlah post chara yang dikenai mantera.


Panduan Membaca Kolom Profil Spesialisasi

Profil Spesialisasi
1. Spesialisasi
Level [NAMA SPESIALISASI]

2. Spesialisasi
Level [NAMA SPESIALISASI 1&2]

3. Spesialisasi
[SPESIALISASI 1] [SPESIALISASI 2 lv. X]

4. Spesialisasi
[SPESIALISASI 1 & 2] [SPESIALISASI 3 lv. X]

Penjelasan:
1. Chara dewasa memiliki spesialisasi dasar dengan level...

2. Chara dewasa berada pada sub spesialisasi dengan level...

3. Chara dewasa telah menguasai spesialisasi 1 pada tingkat akhir dan berada pada spesialisasi 2 dengan level...

4. Chara dewasa telah menguasai spesialisasi 1 dan 2 pada tingkat akhir dan berada pada spesialisasi 3 dengan level...

Catatan: Level menunjukkan tingkat chara saat itu dan lv. menunjukkan tingkat dari sub-spes yang telah dipelajari.

Contoh
1. Spesialisasi
Abjuration I level 5

2. Spesialisasi
[Abjuration I] [Abjuration II lv. 7 ]

3. Spesialisasi
[Abjuration I & II] [Healing lv. 6 CRE]

4. Spesialisasi
Wizard Mastery A


Penjelasan:
1. Chara dewasa memiliki spesialisasi Abjuration dengan kemampuan pada level 5

2. Chara dewasa memiliki spesialisasi Abjuration I level maksimum dan Abjuration II level 7.

3. Chara dewasa memiiki spesialisasi Abjuration I dan II level maksimum dan Healing level 6 dan konsentrasi ilmu Creature Injuries.

4. Chara dewasa memiliki spesialisasi Abjuration I, II, dan Healing pada level maksimum.


Posted Image
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Periculum

Posted Image

Spesialisasi Sihir Lanjutan

Spesialisasi lanjutan merupakan pengembangan dari ketentuan pengambilan spesialisasi dan sub-spesialisasi pada versi sebelumnya. Untuk mempermudah pemahaman mengenai spesialisasi, maka istilah sub-spesialisasi akan dihilangkan secara perlahan. Hal ini juga berpengaruh terhadap pengambilan spesialisasi lainnya dan membuat setiap spesialisasi bersifat individual.

Spesialiasi juga akan diberi kode untuk mempersingkat pembacaan dan mempermudah pemahaman mengenai relasi dari setiap spesialisasi. Berikut adalah kode dari setiap spesialisasi:
[A1] = Abjuration I
[A2] = Abjuration II
[B-] = Conjuration
[C1] = Divination I
[C2] = Divination II
[D-] = Evocation
[E-] = Healing
[F1] = Manipulation I
[F2] = Manipulation II
[G1] = Necromancy I
[G2] = Necromancy II
[H1] = Transmutasi I
[H2] = Transmutasi II

Ketentuan pengambilan spesialisasi lanjutan:
- Chara diwajibkan menyelesaikan satu kode hingga level 10 sebelum dapat mengambil kode spesialisasi yang lain.
- Spesialisasi lanjutan yang diambil dapat dimulai langsung dari level 6 apabila memiliki abjad yang sama.
- Tidak ada kewajiban untuk mengambil spesialisasi dengan abjad yang sama berturut-turut selama berada pada baris yang sama.
- Pengambilan spesialisasi lanjutan berpatokan pada spesialisasi pertama, artinya spesialisasi bersifat linear dan tidak dapat berpindah meskipun kode spesialisasi yang sama berada pada kelompok yang berbeda.
- Untuk spesialisasi tingkat lanjut (dapat mengambil pada kelompok yang lain) akan dimuat pada versi berikutnya.

Daftar Kelompok Spesialisasi

WIZARD MASTERY A
[A1]: [A2] & [E-]
[A2]: [A1] & [E-]
[E-]: [A1] & [A2]

WIZARD MASTERY B
[B-]: [H1] & [H2]

WIZARD MASTERY C
[C1]: [C2] & [E-]
[C2]: [C1] & [E-]

WIZARD MASTERY D
[D-]: [F1] & [F2]
[F1]: [F2] & [D-]
[F2]: [F1] & [D-]

WIZARD MASTERY E
[G1]: [G2] & [B-]
[G2]: [G1] & [B-]

WIZARD MASTERY F
[H1]: [H2] & [D]
[H2]: [H1] & [D]

Contoh cara membaca:
WIZARD MASTERY A
- Apabila spesialisasi pertama chara adalah [A1] maka chara dapat mengambil spesialiasi [A2] dan [E], chara dapat mengambil [E] terlebih dahulu dan [A2] kemudian. Dikarenakan [A1] dan [A2] memiliki abjad yang sama maka ketika mengambil spesialisasi [A2] chara hanya perlu melanjutkan pada level 6.
- Apabila spesialisasi pertama chara adalah [A2] maka chara dapat mengambil spesialiasi [A1] dan [E], chara dapat mengambil [E] terlebih dahulu dan [A1] kemudian. Dikarenakan [A1] dan [A2] memiliki abjad yang sama maka ketika mengambil spesialisasi [A1] chara hanya perlu melanjutkan pada level 6.
- Apabila spesialisasi pertama chara adalah [E] maka chara dapat mengambil spesialisasi [A1] dan [A2], chara dapat mengambil antara [A1] atau [A2] terlebih dahulu dimulai dari level 1. Namun ketika mengambil spesialisasi berikutnya, chara hanya perlu melanjutkan pada level 6.

WIZARD MASTERY B
- Apabila spesialisasi pertama chara adalah [B-] maka chara dapat mengambil spesialisasi [H1] dan [H2] tanpa perlu berurutan dimulai dari level 1. Namun ketika mengambil spesialisasi berikutnya, chara hanya perlu melanjutkan pada level 6.
Catatan: [H1] dan [H2] tidak diperkenankan mengambil [B-] karena grup [H1] dan [H2] berada pada WIZARD MASTERY F.


Posted Image
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Periculum

Posted Image
Klaim Spesialisasi Sihir Murid Hogwarts

Chara dewasa yang berasal dari lulusan Hogwarts bisa memperoleh Spesialisasi Sihir dengan menukarkan angka kredit yang diperoleh selama masih bersekolah. Adapun persyaratan yang harus ditempuh untuk klaim spesialisasi adalah sebagai berikut:
  • Mengumpulkan kredit dalam jumlah tertentu
    Level 1:
    LS dan ranah teori yang diambil sesuai: 50 cr
    L dan ranah teori yang diambil sesuai: 55 cr
    LS dan ranah teori yang diambil tidak sesuai: 60 cr
    L dan ranah teori yang diambil tidak sesuai: 65 cr

    Level 2:
    LS dan ranah teori yang diambil sesuai: 105 cr
    L dan ranah teori yang diambil sesuai: 110 cr
    LS dan ranah teori yang diambil tidak sesuai: 115 cr
    L dan ranah teori yang diambil tidak sesuai: 120 cr

    Level 3:
    LS dan ranah teori yang diambil sesuai: 165 cr
    L dan ranah teori yang diambil sesuai: 170 cr
    LS dan ranah teori yang diambil tidak sesuai: 175 cr
    L dan ranah teori yang diambil tidak sesuai: 180 cr

    Level 4:
    LS dan ranah teori yang diambil sesuai: 230 cr
    L dan ranah teori yang diambil sesuai: 235 cr
    LS dan ranah teori yang diambil tidak sesuai: 240 cr
    L dan ranah teori yang diambil tidak sesuai: 245 cr

    Level 5:
    LS dan ranah teori yang diambil sesuai: 300 cr
    L dan ranah teori yang diambil sesuai: 305 cr
    LS dan ranah teori yang diambil tidak sesuai: 310 cr
    L dan ranah teori yang diambil tidak sesuai: 315 cr


  • Persyaratan dapat dilakukan setiap saat tanpa batas waktu selama Chara masih bersekolah di Hogwarts
  • Mengikuti Junior Apprentice
  • Sumber perolehan kredit tidak boleh berasal dari satu komponen. Batas bawah dari perbandingan komponen tersebut adalah 80% - 20% (80% akademis, 20% non akademis) dan batas atas 90% - 10% (90% akademis, 10% non akademis)
  • Dinyatakan lulus oleh Hogwarts dan grup telah diubah sesuai dengan Dekrit Dewan Wizengamot
  • Melampirkan semua topik yang menjadi persyaratan pada topik penukaran Spesialisasi Sihir saat murid tersebut telah berada dalam grup penyihir.
  • Murid yang lulus karena masa pendidikan habis: mengikuti ketentuan pengambilan spesialisasi

Form Panduan Klaim
Klaim dilakukan bersamaan dengan pengajuan kelulusan. Saat chara murid melakukan klaim, chara tersebut cukup memberikan daftar topik yang diikuti dan staf yang akan memberikan penilaian kredit. Penulisan form kelulusan sekaligus pengajuan kredit bisa dilihat pada tabel berikut:

FORMULIR KELULUSAN DAN KLAIM KREDIT
JENISKODEKELASTOPIKKREDIT
KOMPONEN AKADEMIS
Pengembangan KeterampilanKTBR01BroomologyLink
KTRC01Regulation and Control of Magical AbilitiesLink
KTCA01Charms ILink
KTCA02Charms IILink
Pengembangan KeilmuanKIWW01Wizarding WorldLink
KIWW02History of MagicLink
KIWW03Wizarding Political PhilosophyLink
KIWW04Ethics and BehaviorLink
KIWW05Ancient RunesLink
KIWW01Muggle StudiesLink
KIMW02Latin LessonLink
Pengembangan KeahlianKAHB01HerbologyLink
KADV01ArithmancyLink
KADV02AstronomyLink
KADV03Divination ILink
KADV04Divination IILink
KABC01MagizoologyLink
KABC02Magical CreaturesLink
KATA01Transfiguration ILink
KATA02Transfigurasi IILink
KAPT01Basic PotionsLink
KAPT02Advanced PotionsLink
KAAC01Dark Arts and CursesLink
KAAC02Defense Against The Dark ArtsLink
KOMPONEN NON AKADEMIS
Pengembangan Berkehidupan MasyarakatPMJA01Pendalaman Ranah TeoriLink
PMJA02Pengabdian MasyarakatLink
PMSA01Senior ApprenticeLink
Pengembangan KepribadianPPES01Event SekolahLink
PPES02Event AsramaLink
PPHK01QuidditchLink
PPHK012Tanding QuidditchLink
PPHK02KJurnalLink
PPHK022ArtikelLink
PPHK03KSworchLink
PPHK04KRamuanLink
PPHK05KDuelLink
PPHK06KBerkebunLink
PPHK07KMusikLink
TOTAL KREDIT 


Sedangkan Chara murid yang tidak berniat melakukan klaim kredit tetap menggunakan form seperti biasa.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Periculum

Posted Image
Spesialisasi
ABJURATION I
Self Protection

Level 1 Defence Against The Dark Arts Mastery - 30
Serangan hitam/kutukan yang dilancarkan murid, dewasa-non spesialisasi, dan penyihir spesialisasi di bawah level abjurer akan gagal.

Level 2 Basic Protego Mastery - 35
Abjurer mampu merapal protégo dasar namun dapat menangkis seluruh serangan dasar sekaligus hanya dengan satu gerakan, rapalan, dan mantera. Pertahanan dapat ditembus oleh serangan spesialisasi lain yang memiliki level lebih tinggi. Tangkisan akan gagal apabila 4 penyihir dewasa non-spesialisasi menyerang secara sekaligus. Tangkisan juga akan gagal apabila 6 chara murid menyerang secara sekaligus.

Level 3 Item Protection - 40
Menyihir benda untuk menjadi benda sihir yang melindungi pemakai dari serangan. Abjurer hanya mampu menyihir satu benda dan melindungi satu orang selama benda sihir tersebut aktif. Benda tersebut dapat dinetralisir oleh abjurer pada level yang sama atau yang lebih tinggi. Untuk barang yang tidak ada di universe Harry Potter, karya tulis harus dibuat terlebih dahulu.

Level 4 Repello Muggletum - 45
Membuat area menjadi tidak terlihat oleh muggle dan menimbulkan kesan tidak ingin didatangi oleh para muggle. Lama efek mantera dihitung berdasarkan level terakhir x 1 minggu.

Level 5 Abjuration - 50
Menetralkan elemen/summon hewan yang dilancarkan evocator/conjurer. Rapalan akan gagal apabila conjurer/evocator memiliki level lebih tinggi. Hanya dapat menghilangkan satu hewan/satu serangan elemen per rapal.

Level 6 Curse Breaking - 60
Menghancurkan/menetralkan efek sihir/mantera pada wilayah/objek tertentu. Apabila efek sihir tersebut dibuat oleh level lebih besar, maka abjurer akan gagal. Hanya dapat memunah kutukan yang berasal dari universe Harry Potter dan publikasi karya tulis.

Level 7 Protection Against Offensive Spell - 70
Selama mantera aktif, abjurer tidak akan dapat terkena serangan mantera/ramuan dari arah manapun. Perlindungan akan gagal apabila serangan melebihi level abjurer.

Level 8 Protection Against Non-Spell Attack - 80
Selama mantera aktif, abjurer tidak dapat diserang menggunakan senjata non-sihir. Perlindungan ini dapat dikombinasikan dengan perlindungan serangan mantera serta mantera penghancur kutukan.

Level 9 Spell Protection Against High Dark Spell - 90
Pada tingkat ini, abjurer diberi kemampuan untuk menahan serangan mantera tingkat tinggi. Perlindungan ini dapat dikombinasikan dengan perlindungan serangan non-sihir. Ketika mengaktifkan ini, abjurer tidak dapat bergerak dan menyerang. Mantera harus tetap aktif.

Level 10 Strong Heart - 100
Abjurer tidak dapat terkena kutukan dari suatu benda/wilayah yang dikutuk.


Posted Image
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Periculum

Posted Image
Spesialisasi
ABJURATION II
Group Protector

Level 1 Defence Against The Dark Arts Mastery - 30
Serangan hitam/kutukan yang dilancarkan murid, dewasa-non spesialisasi, dan penyihir spesialisasi di bawah level abjurer akan gagal.

Level 2 Basic Protego Mastery - 35
Abjurer mampu merapal protégo dasar namun dapat menangkis seluruh serangan dasar sekaligus hanya dengan satu gerakan, rapalan, dan mantera. Pertahanan dapat ditembus oleh serangan spesialisasi lain yang memiliki level lebih tinggi. Tangkisan akan gagal apabila 4 penyihir dewasa non-spesialisasi menyerang secara sekaligus. Tangkisan juga akan gagal apabila 6 chara murid menyerang secara sekaligus.

Level 3 Item Protection - 40
Menyihir benda untuk menjadi benda sihir yang melindungi pemakai dari serangan. Abjurer hanya mampu menyihir satu benda dan melindungi satu orang selama benda sihir tersebut aktif. Benda tersebut dapat dinetralisir oleh abjurer pada level yang sama atau yang lebih tinggi. Untuk barang yang tidak ada di universe Harry Potter, karya tulis harus dibuat terlebih dahulu.

Level 4 Repello Muggletum - 45
Membuat area menjadi tidak terlihat oleh muggle dan menimbulkan kesan tidak ingin didatangi oleh para muggle. Lama efek mantera dihitung berdasarkan level terakhir x 1 minggu.

Level 5 Abjuration - 50
Menetralkan elemen/summon hewan yang dilancarkan evocator/conjurer. Rapalan akan gagal apabila conjurer/evocator memiliki level lebih tinggi. Hanya dapat menghilangkan satu hewan/satu serangan elemen per rapal.


Level 6 Protection Mastery - 60
Abjurer telah mempelajari berbagai macam jenis penyerangan mantera. Seluruh serangan mantera yang bersifat non-pikiran ke abjurer akan berkurang 1 level.

Level 7 Shield of Spell - 70
Abjurer menciptakan mantra perlindungan yang menghasilkan tabir perlindungan yang akan melindungi objek atau beberapa objek dari berbagai macam serangan mantera. Perlindungan akan dapat ditembus apabila diserang oleh sihir tingkat tinggi dengan minimal 3 penyihir yang melebihi level abjurer.
8 Membutuhkan 4 penyihir lebih dari level 7 untuk memecahkan sihir
9 Membutuhkan 5 penyihir lebih dari level 7 untuk memecahkan sihir
10 Membutuhkan 6 penyihir lebih dari level 7 untuk memecahkan sihir


Level 8 Mother of Shield - 80
Menciptakan perisai sihir luas untuk melindungi suatu daerah tertentu. Abjurer mampu menciptakan lapisan yang menutupi wilayah sebesar kastil. Ketika sihir ini dibuat, dibutuhkan 5 penyihir melebihi level 8 abjurer untuk memecahkan perisai tersebut.
9 Membutuhkan 6 penyihir lebih dari level 8 untuk memecahkan sihir
10 Membutuhkan 7 penyihir lebih dari level 8 untuk memecahkan sihir


Level 9 Neutral Field - 90
Abjurer membuat area kecil maksimal 5 orang tanpa sihir. Seluruh sihir jenis apapun tidak akan berefek di area tersebut termasuk mantera tingkat tinggi. Efek sihir akan kembali berjalan ketika area tersebut hilang. Mantera harus tetap aktif selama area dibuat.

Level 10 Sacrifice - 100
Abjurer menciptakan perisai pelindung dari segala serangan seluas kota. Abjurer tidak dapat bergerak, berbicara, dan merapalkan mantera lainnya ketika mengaktifkan kemampuan ini. Pertahanan hanya dapat ditembus oleh penyihir spesialisasi level 10 (satu penyihir memiliki kekuatan 10 level). Kemampuan ini hanya dapat digunakan 1 kali setiap termnya. Perapal yang menggunakan secara bersamaan telah dianggap menggunakan 1 kali.
Sacrifice dapat dirapal oleh maksimum 5 orang dan kemampuan Sacrifice bertambah setiap penambahan perapal.
Penghitungan kemampuan:
1 Perapal: Level Abjurer 1 x 5 = Kemampuan Level 50.
2 Perapal: (Level Abjurer 1 + Level Abjurer 2) x 5 = Kemampuan Level 100
3 Perapal: Kemampuan Level 100, perapal dapat menggunakan kemampuan proteksi sihir untuk diri sendiri selama tetap bersama dengan perapal lain.
4 Perapal: Kemampuan Level 100, perapal dapat menggunakan kemampuan proteksi sihir dan mantera penyerangan
5 Perapal: Kemampuan Level 150, perapal, apabila terdapat 5 perapal yang sama, maka kemampuan ini dapat digunakan 2x setiap termnya.

Posted Image
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Periculum

Posted Image

Spesialisasi
CONJURATION


Level 1 Naturalist - 30
Mengetahui dan mampu mengenali baik bentuk, bagian, maupun fungsi dari segala jenis tumbuhan sihir dan non sihir serta berbagai jenis hewan.

Level 2 Mystical Being and Beast Knowledge - 35
Mengetahui dan mampu mengenal ciri-ciri dari seluruh satwa gaib serta mampu mengenali dengan baik ciri-ciri beserta jenis mahluk gaib. Kemampuan ini juga membuat conjurer mampu membedakan satwa gaib dan mahluk gaib.

Level 3 Herbalism - 40
Mampu menyembuhkan hewan dan satwa gaib yang terluka.

Level 4 Zoolingualism - 45
Mampu mengerti tingkah laku dan gerak gerik hewan dan membuat hewan tersebut menjadi jinak.

Level 5 Summonning - 50
Memanggil hewan liar yang mendengarkan perintah dari summoner. Memanggil membutuhkan mantera yang terus aktif dan hanya dapat memanggil satu hewan liar dengan durasi sebanyak 2 post setiap 1 topik. Durasi dan jumlah hewan yang dipanggil ditentukan dari kemampuan summoner.
6 Dapat memanggil 2 hewan liar dengan durasi sebanyak 3 post setiap 1 topik
7 Dapat memanggil 3 hewan liar dengan durasi sebanyak 4 post setiap 1 topik
8 Dapat memanggil 4 hewan liar dengan durasi sebanyak 5 post setiap 1 topik
9 Dapat memanggil 5 hewan liar dengan durasi sebanyak 6 post dalam 1 topik
10 Summon tidak memerlukan mantera yang terus aktif


Level 6 Mystical Beast Mastery - 60
Mampu mengatasi satwa gaib dalam kuantitas yang banyak serta mengerti seluk beluk setiap hewan. Mampu menentukan habitat, makanan, perilaku, gerak-gerik, karakter, dan anatomi dari satwa gaib. Dengan pengetahuan tentang hewan sihir, penyihir mampu menjembatani konflik antara satwa gaib dan penyihir di suatu tempat. Pada level 6 mampu mengatasi satwa gaib kategori X
7 Mampu mengatasi satwa gaib kategori XX
8 Mampu mengatasi satwa gaib kategori XXX
9 Mampu mengusir/mengalahkan satwa gaib kategori XXXX
10 Mampu mengusir/mengalahkan satwa gaib kategori XXXXX


Level 7 Heart Communication -70
Mampu berkomunikasi dengan satwa gaib dan mengerti apa yang diinginkan dan dimaksud oleh satwa gaib tersebut. Satwa gaib yang dapat berkomunikasi dengan conjurer disesuaikan dengan kemampuan dari Mystical Beast Mastery.

Level 8 Elder Summoning - 80
Mampu memanggil satu satwa gaib kategori X yang mendengarkan perintah dari summoner. Mantera harus tetap aktif selama summon. Tidak dapat digabungkan dengan summon hewan liar.
9 Mampu memanggil satu satwa gaib kategori XX dengan durasi sebanyak 7 post. Tidak dapat digabungkan dengan summon kategori X.
10 Mampu memanggil satu satwa gaib kategori XXX dengan durasi sebanyak 7 post. Tidak dapat digabungkan dengan summon kategori X dan XX


Level 9 Ancient Summoning - 90
Dapat melakukan Summoning dan Elder Summoning sekaligus. Membutuhkan mantera yang terus aktif untuk memanggil satwa gaib.
10 Summoning tidak memerlukan mantera yang terus aktif.

Level 10 Dragonology - 100
Membuat conjurer memahami dan mengerti tentang naga. Mampu mengendarai dan mengendalikan naga. Hanya satu naga yang dapat dikendalikan. Selama menaiki naga, conjurer tidak mampu melakukan summoning.



Posted Image
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Periculum

Posted Image
Spesialisasi
DIVINATION I
Spirit Mastery

Level 1 Divination Mastery - 30
Mampu menggunakan berbagai macam metode ramalan.

Level 2 Magic Sense - 35
Mampu mengetahui seberapa kuat penyihir yang berada di hadapannya.
(Level tidak dapat diketahui, hanya tahu apakah penyihir di depannya lebih kuat, setara, atau lebih lemah dari diviner.)

Level 3 Relevatio - 40
Mampu melihat 2 mantera yang dihasilkan terakhir dari tongkat sihir.
3 mampu mengetahui 3 mantera terakhir yang dihasilkan dari tongkat sihir.

Level 4 Mind Healing - 45
Menyembuhkan efek dari serangan yang memodifikasi pikiran dan perasaan. Penyembuhan gagal apabila dilakukan oleh perapal dengan level yang lebih tinggi.

Level 5 Mind Seeing - 50
melihat masa depan menggunakan media ramalan.
5 Dapat mengetahui masa lalu seseorang menggunakan media ramalan.
6 Dapat mengetahui peristiwa secara samar yang diinginkan menggunakan media ramalan.


Level 6 Connection - 60
Mampu melihat apa yang dilihat oleh suatu benda.
3 Mampu melihat masa lalu dan masa depan seseorang dalam gambaran yang jelas pada saat terjadi kontak fisik.

Level 7 Third Eye - 70
Mengetahui adanya keberadaan seseorang meski orang tersebut tidak terlihat. Namun tidak bisa mengetahui secara tepat letak maupun identitasnya. Membutuhkan 3 post di dalam topik untuk mengetahui adanya seseorang yang tidak terlihat.

Level 8 Spirit Communication - 80
Mampu berkomunikasi dengan arwah untuk mengetahui kejadian yang telah terlewat. Arwah yang ditanya berada di tempat tersebut dan menyaksikan atau mengalami peristiwa yang ingin diketahui. Diviner juga harus berada di tempat kejadian ketika ingin bertanya. Hanya dapat bertanya satu pertanyaan per topik maksimum 3 topik per term.

Level 9 Spirit Wanderer - 90
Arwah perapal dapat melintasi ruang dan waktu untuk berada di tempat lain secara cepat. Namun arwah tidak dapat berkomunikasi/memberi tanda pada arwah lain/manusia.
3 Dapat berkomunikasi dengan arwah lainnya.

Level 10 Astral Wanderer - 100
Arwah perapal mampu menuju dunia Astral, berkomunikasi dengan arwah lainnya untuk mengetahui masa lalu, masa depan, dan masa sekarang. Perapal tidak mampu menjelaskannya secara eksplisit kepada orang lain. Dapat bertanya kepada arwah maksimal 3 pertanyaan per topik. Hanya dapat digunakan dua kali setiap termnya.

Posted Image
Edited by Periculum, Nov 24 2016, 04:34 PM.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
1 user reading this topic (1 Guest and 0 Anonymous)
DealsFor.me - The best sales, coupons, and discounts for you
Go to Next Page
« Previous Topic · Buku Besar Permainan IndoHogwarts · Next Topic »
Add Reply