hit counter code
Welcome Guest [Log In] [Register]


News Update

Reminder

KALENDER NIH TERM 22

Kami mengingatkan sekali lagi kepada para member IndoHogwarts untuk tetap menyertakan terjemahan pada bahasa asing selain bahasa Indonesia dan tetap berada pada rating yang ditentukan.


Posted Image
Selamat datang di Forum Role Play Basis Teks
INDOHOGWARTS


Kami berharap kamu dapat menikmati kunjungan ini. Saat ini, kamu sedang meninjau Forum kami sebagai guest/tamu. Hal ini berarti area tinjauanmu terhadap board dan fitur-fitur yang dapat digunakan di dalam Forum ini masih sangat terbatas.

Registrasi dalam Forum ini bebas biaya, namun tahapannya tidak terlalu sederhana, kamu disarankan untuk membaca terlebih dahulu Registrasi dan Aplikasi sebelum mendaftar pada waktu yang telah ditentukan.

Jika kamu sudah menjadi member, silahkan log in ke dalam Akunmu untuk mengakses Forum.
Posted Image

Username:   Password:
Add Reply
Award dan Penghargaan
Topic Started: Jan 29 2012, 01:18 PM (4,270 Views)
Periculum

PERINGATAN!

Seluruh informasi dan konten berikut ini sepenuhnya adalah hasil ide, kreasi, pikiran dan Imajinasi Forum Role Play IndoHogwarts yang dipadukan dengan informasi yang diperoleh dari HPWiki. Segala penggunaan informasi di luar Forum ini adalah terlarang dan dapat dikenakan sanksi yang berat dan tegas oleh Admins Forum IndoHogwarts dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Posted Image
Dalam Peninjauan Ulang


Posted Image
Edited by Magician, Jun 3 2016, 11:36 AM.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Periculum

Posted Image
Dalam Tinjauan


Posted Image
1. 9 Januari 2014: menambahkan tentang pengajuan sebagai poin
2. 8 Februari 2014: menambahkan tentang pelanggaran terhadap Publikasi Karya Tulis
3. Memperjelas definisi mengenai Esai, Penelitian dan Jurnal sihir, 17 November 2015
4. Dalam tinjauan ulang, 3 Juni 2016
Edited by Magician, Feb 1 2017, 12:00 PM.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Periculum

Posted Image
Poin Abilities

DEFINISI

Poin Abilities adalah reward point yang dihasilkan oleh seorang karakter penyihir dewasa yang diperoleh dari prestasi, keaktifan, tingkat keahlian, jabatan maupun hal lain berdasar ketentuan yang berlaku. Pengumpulan poin abilities merupakan hal yang tidak wajib. Setiap chara tetap dapat bermain di IndoHogwarts seperti biasa tanpa harus mengumpulkan poin ini. Sebagai konsekuensinya, akan ada banyak keterbatasan yang dimiliki chara tanpa poin abilitis, terutama menyangkut deskripsi penggunaan kemampuan sihir spesialisasi.

Poin Abilities berguna untuk mendapatkan kemampuan/keistimewaan dari hal-hal yang telah ditentukan berdasarkan pilihan masing-masing chara. Kemampuan/keistimewaan itu berupa in-chara seperti kemampuan sihir, kepemilikan jabatan. Kemampuan/Keistimewaan juga dapat berupa out-chara seperti memiliki hak akses suatu topik tertentu, membuka board tertentu, atau membuat chara tertentu.

Poin Abilities dicantumkan pada kolom profil chara penyihir dewasa dalam bentuk angka bukan indikator dari besarnya kekuatan penyihir tersebut. Poin Abilities merupakan alat tukar penyihir dewasa untuk mendapatkan kemampuan/kelebihan yang diinginkan oleh chara tergantung dari sifat masing-masing chara. Ketika poin abilities berhasil ditukar, maka jumlah poin abilities akan berkurang sementara chara akan mendapatkan kemampuan/keistimewaan yang diinginkan.


SIFAT POIN ABILITIES :

  1. Berlaku perorangan dan bersifat personal sehingga tidak dapat dipindahkan ke chara lain.
  2. Bisa ditambahkan (sebagai reward atas prestasi) maupun dikurangkan (sebagai punishment terhadap pelanggaran)
  3. Hanya bisa ditambahkan/dikurangkan oleh petugas staff yang berwenang.
  4. Bersifat out RP
  5. Diserahkan baik secara langsung, berkala maupun berdasarkan pengajuan chara
  6. Pemberian dan pengurangan poin bersifat mutlak
  7. Otomatis akan hilang ketika chara penyihir dewasa masuk dalam grup RIP/Hilang.
  8. Tidak diberikan kepada chara yang mendapat penghargaan out-RP seperti Best Chara, Best Profesor, dan lain-lainnya.


KOMPONEN PENAMBAHAN POIN ABILITIES:

Terdapat dua macam komponen penambahan poin abilities, yaitu:
  1. Komponen khusus, adalah komponen-komponen yang bisa menambah poin abilities pada kondisi dan saat tertentu.
  2. Komponen umum, adalah komponen yang bisa menambah poin abilities setiap saat dan dapat dimiliki oleh siapapun selama berada di grup chara penyihir dewasa.


Daftar Komponen Poin Khusus:

  1. Poin Pemula
    Ketentuan mengenai Poin pemula :
    • Dihasilkan ketika chara penyihir dewasa bergabung pertama kali di IndoHogwarts.
    • Hanya dapat diklaim satu kali pada term dimana chara yang bersangkutan didaftarkan.
    • Penambahan poin pemula diberikan setelah chara yang bersangkutan membuat pengajuan pada topik klaim poin.

    Komponen yang termasuk dalam poin pemula, antara lain:

    • Menyelesaikan Topik Tantangan
      Chara Dewasa yang diterima di aplikasi diharuskan membuat 2 buah topik (sebagai TS) tantangan sebagai syarat diterimanya chara tersebut. Topik tersebut disebut sebagai Topik Umum dan Topik Kerja. Ketika chara dewasa berhasil, selain chara dapat bermain secara bebas, chara penyihir dewasa juga akan mendapatkan poin abilities dengan perincian sebagai berikut:

      • Topik Umum dengan jumlah post TS minimal 5: 5 poin
      • Topik Umum dengan jumlah post TS lebih dari 5: 10 poin
      • Topik Kerja dengan jumlah post TS minimal 5: 10 poin
      • Topik Kerja dengan jumlah post TS lebih dari 5: 20 poin


    • Reward Usia Saat Chara Melakukan Aplikasi
      Poin abilities ini baru bisa diperoleh apabila chara penyihir dewasa telah dinyatakan lolos aplikasi penyihir dewasa dan sudah membuat dua topik tantangan yang diberikan. Kegagalan menyelesaikan topik tantangan membuat chara tidak berhak mendapat poin. Rincian besarnya poin sesuai dengan kategori umur:

      • Usia 21 - 29 : 5 poin
      • Usia 30 - 45 : 10 poin
      • Usia 46 - 60 : 20 poin
      • Usia 61 - 75 : 30 poin
      • Usia 76 - 90 : 40 poin
      • Usia 91+ : 50 poin

  2. Poin Masa Bakti
    Poin Masa Bakti merupakan poin yang didapatkan oleh chara dewasa di IndoHogwarts yang terbukti memiliki kontribusi besar terhadap sistem/kegiatan operasional di IndoHogwarts. Poin ini akan didapatkan secara otomatis tanpa perlu melaporkan kegiatannya. Namun poin tidak akan bertambah apabila syarat yang dimiliki tidak dipenuhi. Poin masa bakti meliputi:

    • Poin Masa Bakti House Master
      Ketentuan mengenai poin masa bakti House Master:
      • Diperoleh setelah House Master menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan apa yang tertera dalam Buku besar NewIndohogwarts.
      • Besarnya poin yang diperoleh adalah 50 poin / masa jabatan (per 5 term).
      • Setiap penambahan masa jabatan, poin yang didapat akan bertambah 5. Contoh : setelah masa jabatan pertama, HM A mendapat poin sebesar 50. Apabila dia memperpanjang kontrak, maka pada akhir masa jabatan berikutnya (term kesepuluh), HM A akan mendapat poin sebanyak 55. Poin abilities akan langsung ditambahkan oleh staff begitu masa jabatan berarkhir.

    • Poin Masa Bakti untuk Pengajar selain House Master
      Ketentuan mengenai poin masa bakti pengajar selain House Master:
      • Membuat minimal 1 (satu) topik kelas pada term berjalan.
      • Sudah menyetorkan nilai untuk mata pelajaran yang diampu pada term berjalan.
      • Besarnya poin yang diperoleh adalah 10 poin/term.

    • Poin Masa Bakti Ketua Klan
      Ketentuan mengenai poin masa bakti ketua klan:
      • Membuat minimal 1 (satu) topik event (baik event resmi mapun tidak resmi) atau minimal 1(satu) topik pengangkatan/perekrutan anggota klan.
      • Topik boleh bersifat terbuka untuk umum atau terbuka bagi anggota klan saja.
      • Besarnya poin yang didapat adalah 15 poin setiap term.

  3. Poin Lain-lain
    Poin lain-lain adalah poin abilitis yang diperoleh chara dewasa dari forum sebagai reward atas keberhasilannya menyelesaikan tugas forum, berprestasi dalam event, menyelesaikan plot chara dan hal-hal lain diluar role play yang dianggap telah membantu operasional forum. Poin lain-lain ini bisa bersifat reguler maupun insidentil dan ditambahkan secara langsung ke profil chara tanpa melalui pengajuan. Poin lain-lain meliputi:

    • Poin Kelulusan
      Chara siswa di IndoHogwarts ketika lulus dari Hogwarts akan mendapatkan poin abilities. Besarnya poin abilities tergantung dari tingkat prestasi chara tersebut. Poin akan didapatkan secara otomatis ketika chara siswa lulus dan telah berada di grup penyihir dewasa. Rincian poin kelulusan adalah sebagai berikut:
      • Lulus Sempurna dengan menguasai ranah teori sihir mendapat 10 poin.
      • Lulus dengan dengan menguasai ranah teori sihir mendapat 5 poin.
      • Lulus Sempurna tanpa menguasai ranah teori sihir mendapat 2 poin
      • Lulus tanpa menguasai ranah teori sihir mendapat 0 poin

    • Poin Penghargaan
      Diperoleh sebagai bentuk penghargaan dari forum terhadap kesertaan chara atas event atau mekanisme yang diselenggarakan forum baik yang bersifan in-RP maupun out-RP.


Daftar Komponen Poin Umum

Komponen poin umum adalah komponen yang bisa menghasilkan poin abilities, dapat dilakukan oleh semua penyihir dewasa dan mempertimbangkan jumlah yang dibuat selama berada dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Poin komponen umum baru bisa diperoleh setelah chara penyihir mengajukan syarat-syarat yang dibutuhkan ke topik pengajuan poin abilities. Topik untuk pelaporan komponen poin akan dikeluarkan pada jangka waktu tertentu. Komponen-komponen akan bertambah atau berkurang sesuai dengan kebijakan sistem di IndoHogwarts ke depannya.

Komponen poin umum meliputi:

  1. Poin Bekerja
    Poin ini diperoleh apabila chara penyihir membuat topik yang berhubungan dengan pekerjaan mereka. Besarnya poin abilities akan tergantung dari kategori pekerjaan yang dimiliki penyihir yang bersangkutan. Pembagian kategori pekerjaan sihir dapat di pelajari di Daftar dan Kuadran Pekerjaan Sihir. Poin bekerja dapat diperoleh melalui dua macam topik.

    • Topik Kerja
      Ketentuan mengenai topik bekerja :

      • Topik bekerja harus dibuat pada term yang sedang berjalan.
      • Topik harus dibuka oleh chara yang akan mengajukan topik tersebut untuk klaim poin. Kecuali untuk topik kerja bersama, maka topik bekerja tidak selalu harus dibuka oleh pihak yang mengajukan klaim poin.
      • Topik harus tamat dan chara yang membuka topik harus post minimal 5 (lima) post (berlaku juga untuk ketua klan dalam topik event dan chara pengajar dalam topik kelas).
      • Khusus untuk chara pengajar Hogwarts, topik bekerja yang diakui hanya berupa topik kelas. Sedangkan untuk chara staff Hogwarts non-pengajar dan chara pejabat Hogwarts, topik kerja yang diakui adalah :
        • Topik pengajuan ijin hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan sekolah dan keberadaan fasilitas sekolah ke kepala sekolah atau wakil kepala sekolah (untuk HM, pembina klub dan staff Hogwarts)
        • Topik bekerja untuk staff non pengajar Hogwarts di bidang kerja masing-masing
        • Kesertaan dalam event asrama (untuk HM dan staff Hogwarts non-pengajar yang membantu)
        • Kesertaan dalam topik kegiatan dan event klub sekolah (untuk pembimbing klub)
        • Topik pemberian surat ijin, laporan kerja dan pendelegasian (untuk kepala sekolah dan wakil kepala sekolah)
        • Topik konseling pemilihan spesialisasi sihir (untuk House Master)

      • Kecuali untuk topik bekerja ketua klan dan pengajar, topik bekerja tidak digunakan untuk klaim poin abilitis pada kategori lain. Misal: klan X membuat topik event. B, anggota klan X mengajukan topik tersebut pada kategori poin sosial (partisipasi event klan), maka B tidak bis amenggunakan topik tersebut untuk diajukan sebagai topik bekerja.
      • Topik bekerja harus menggambarkan chara yang bersangkutan tengah mengerjakan tugas-tugas yang berhubungan dengan tugas/tanggung jawab pekerjaannya dan materi yang disampaikan harus menyangkut atau berhubungan dengan pekerjaannya. Contoh:
        1. Seorang chara dengan pekerjaan sebagai Herbologis membuat sebuah topik bekerja. Dalam topik dideskripsikan chara tengah membaca buku yang berhubungan dengan Herbologi, namun plot yang berlangsung dalam topik adalah sambil membaca, chara ini bertemu dengan teman lama dan mereka mengobrol hal random. Topik semacam itu tidak bisa digunakan sebagai topik bekerja karena pembicaraan yang berlangsung antara chara yang terlibat tidak berhubungan dengan materi pekerjaannya.
        2. Seorang chara dengan pekerjaan sebagai peneliti, membuat topik penelitian dengan sejumlah chara lain dan dalam topiknya mereka mendiskusikan atau membahas materi yang tengah mereka selidiki/teliti bersama. Topik semacam ini bisa digunakan sebagai topik bekerja meskipun dilakukan di sebuah bar.

      • Poin Abilitis akan dihitung terpisah untuk setiap topik bekerja yang dibuat.

    • Topik Kerja Bersama
      Adalah topik kerja yang digunakan oleh lebih dari satu chara untuk menukar poin abilitis. Ketentuan mengenai topik kerja bersama :

      • Dibuat berdasar kesepakatan bersama
      • Berisi chara dewasa yang memiliki pekerjaan sama dan tengah melakukan tugas/pekerjaannya bersama-sama (contoh : sejumlah auror tengah terlibat dalam misi penangkapan penyihir hitam) atau berisi chara dewasa yang memiliki pekerjaan yang berbeda namun saling berinteraksi karena pekerjaan masing-masing (contoh: penjaga hutan sihir mendampingi dan membantu seorang Herbologis meneliti sejumlah tanaman sihir di hutan yang bersangkutan)
      • Topik bisa dimulai oleh siapapun chara yang terlibat dan bekerja dalam topik kerja tersebut.
      • Topik harus selesai dan masing-masing chara memiliki jumlah post minimal 5 (lima)
      • Pengajuan klaim poin tidak bergantung pada pengajuan dari pembuka topik (TS). Apabila TS tidak mengajukan klaim poin, maka chara yang terlibat dalam topik kerja tersebut tetap berhak melakukan klaim poin kerja.
      • Poin abilitis akan dihitung terpisah untuk seiap topik yang dibuat.

  2. Poin Sosial
    Chara dewasa dapat memperoleh poin sosial dengan bergabung dalam topik yang dibuat oleh chara lain. Berbeda dengan topik kerja bersama, untuk bergabung dalam topik ini dan memperoleh poin abilities, chara tidak perlu meminta ijin terlebih dahulu ke Pembuat Topik dan tidak diharuskan untuk ikut melakukan kerja. Adapun macam poin sosial meliputi:

    • Partisipasi Topik Kerja.
      • Besarnya poin abilitis adalah 5 poin.
      • Berlaku untuk semua chara yang bergabung dalam topik kerja chara lain.
      • Tidak berlaku untuk chara yang membuat topik kerja bersama (untuk chara yang terlibat dalam topik kerja bersama, silakan ajukan klaim poin untuk kategori topik kerja).
      • Harus terdapat interaksi aktif dengan chara lain, ditandai dengan jumlah post minimal 5 (lima).
      • Topik harus tamat dan diajukan oleh Topik Starter sebagai topik kerja.
      • Khusus untuk chara pengajar Hogwarts, poin partisipasi topik kerja hanya bisa dilakukan apabila chara yang bersangkutan terlibat secara aktif dan memang diperbantukan secara in-RP dalam operasional kegiatan kelas, event maupun pertemuan-pertemuan khusus.


    • Partisipasi Topik Event Klan
      • Besarnya poin abilitis adalah 15 poin untuk anggota klan yang mengadakan event dan 5 poin untuk anggota klan lain.
      • Tidak berlaku untuk chara dewasa yang tidak mengikuti klan manapun. Klan dan anggota klan yang diakui adalah klan yang terdaftar resmi dalam forum. Mekanisme pendaftaran klan bisa dilihat di sini. Mekanisme keanggotaan silakan menghubungi ketua klan masing-masing.
      • harus terdapat interaksi aktif dengan chara lain, ditandai dengan jumlah post minimal 5 (lima).
      • Topik diajukan oleh ketua klan sebagai Event Klan.


    • Poin Anggota Muda Klan
      Poin ini diberikan kepada chara siswa yang telah menunjukkan loyalitasnya pada klan. Ketentuan mengenai poin ini adalah sebagai berikut:
      • Chara siswa harus mendapat rekomendasi dari ketua klan sebagai kader anggota klan yang bersangkutan.
      • Besar poin abilities adalah sebanyak 2 poin untuk setiap topik event klan yang diikuti oleh chara siswa tersebut.
      • Poin bersifat akumulatif dan diberikan setelah siswa menjadi penyihir dewasa serta telah resmi menjadi anggota klan.
      • Mekanisme pengajuan klaim poin adalah mengajukan topik pengukuhan sebagai anggota resmi klan. Topik pengukuhan harus melibatkan ketua klan (boleh bersifat terbuka atau tertutup), harus tamat dan tidak bisa digunakan sebagai topik kerja oleh chara siswa yang bersangkutan (boleh digunakan sebagai topik kerja oleh ketua klan).


  3. Poin Ilmu Pengetahuan
    Chara dewasa di IndoHogwarts yang berkontribusi secara nyata terhadap ilmu pengetahuan di IndoHogwarts akan diberikan poin abilities. Berikut adalah perincian poin abilities yang didapatkan:

    • Menjadi Pembimbing Junior Apprentice
      Untuk menjadi Pembimbing Junior Apprentice, Chara Dewasa di IndoHogwarts diharuskan mendaftar terlebih dahulu serta memiliki spesialisasi. Ketika telah terdaftar dan berhasil menjadi pembimbing serta melakukan tugasnya, chara dewasa akan mendapatkan poin dengan perincian sebagai berikut:
      • Topik bimbingan yang diajukan adalah topik bimbingan untuk Junior Apprentice yang dianggap sudah selesai (ditandai dengan nilai yang sudah masuk ke kepala sekolah) dan Junior Apprentice yang tidak bisa melanjutkan kembali masa bimbingannya.
      • Topik bimbingan yang diajukan boleh tamat, boleh tidak (sepanjang telah memenuhi ketentuan yang berlaku. Baca : Perihal Junior Apprentice)
      • Jumlah poin abilitis yang diperoleh adalah 10 poin (untuk 1 halaman) dan 20 poin (untuk lebih dari 1 halaman).
      • Topik bimbingan yang wajib dibuat adalah 1 (satu) topik. Apabila pembimbing dan siswa Junior Apprentice berinisiatif membuat topik bimbingan lebih dari 1 (satu), maka poin abilitis akan dihitung secara terpisah.
      • Poin abilities dihitung berdasarkan pada jumlah topik yang dibuat, bukan jumlah siswa Junior Apprentice yang dibimbing. Apabila pembimbing berinisiatif menggabungkan dua siswa dalam satu topik, maka dia hanya berhak mendapat poin untuk satu topik bimbingan.
      • Pembimbing yang sudah bersedia membimbing tapi mangkir tanpa pemberitahuan akan kehilangan 30 poin (bila tidak membalas topik sama sekali) dan 15 poin (bila tidak tidak membalas minimal 2 kali). Baca lebih lanjut ketentuan mengenai sanksi pembimbing di sini


Dalam Peninjauan

Pembaharuan mengenai Karya Tulis Sihir dapat dibaca di Karya Tulis Sihir NewIndohogwarts


Setiap term, tiap chara hanya diijinkan mengajukan sebanyak :
  • Maksimal 3 (tiga) topik kerja (termasuk topik kelas dan topik kerja bersama)
  • Maksimal 5 (lima) topik sebagai partisipasi
  • Maksimal 2 (dua) topik untuk topik untuk satu siswa bimbingan.
  • Bebas untuk Karya tulis.
  • Cukup masing-masing 1(satu) untuk tantangan topik umum dan tantangan topik kerja bagi chara dewasa yang baru mendaftar.


ETA:
  • Menambahkan keterangan mengenai kategori pekerjaan, pembatasan topik bekerja dan mengenai topi kerja bersama, pada 3 September 2014
  • Mengganti penjelasan mengenai jumlah topik bekerja yang bisa dibuat dalam satu term sesuai dengan peraturan kuota topik yang baru diberlakukan, 25 September 2014
  • Mengganti batasan kuota topik yang bisa diajukan untuk klaim poin (point terakhir), 16 Januari 2015
  • Menambahkan ketentuan mengenai poin sosialisasi, 16 januari 2015
  • Menambahkan keterangan mengenai poin abilitis untuk pembimbing, 16 Januari 2015
  • Menambahkan keterangan perihal topik kerja, 16 Januari 2015
  • Menambahkan penjelasan mengenai topik kerja, 10 Agustus 2015
  • Meralat poin pemula untuk topik tantangan kerja, 25 Agustus 2015
  • Menutup poin terkait karya tulis di Indohogwarts yang sedang dalam peninjauan, 3 Juni 2016

Edited by Magician, Jun 3 2016, 09:15 AM.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Periculum

Posted Image
Angka Kredit

DEFINISI

Kredit adalah reward yang diberikan pada karakter murid yang didapatkan dari keaktifan, prestasi, kemampuan bersosialisasi dan hal-hal lain sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pengumpulan kredit tidak bersifat wajib. Kredit (cr) bisa dimanfaatkan untuk mendapat kemudahan sesuai dengan pilihan masing-masing chara. Kemudahan yang bisa didapatkan antara lain: kemampuan sihir serta akses untuk mendapatkan tempat di lembaga-lembaga pemerintah.

SIFAT ANGKA KREDIT:
  1. Bersifat personal sehingga tidak dapat dipindahkan ke chara lain.
  2. Bisa ditambahkan maupun dikurangkan sebagai hukuman terhadap pelanggaran.
  3. Hanya bisa ditambahkan/dikurangkan oleh petugas staff yang berwenang.
  4. Bersifat out RP.
  5. Diserahkan berdasarkan pengajuan kelulusan.
  6. Pemberian dan pengurangan kredit bersifat mutlak.
  7. Otomatis akan hilang ketika chara dalam grup DO/Hilang.
  8. Tidak diberikan kepada chara yang mendapat penghargaan out-RP seperti Best Chara, Prefek, Ketua Murid, dan lain-lainnya.

KOMPONEN PENAMBAHAN ANGKA KREDIT:

Terdapat dua macam kegiatan penambahan angka kredit, yaitu:
  1. Akademis, merupakan kegiatan yang bisa menambah kredit pada saat chara murid melakukan kegiatan akademis
  2. Non akademis, adalah kegiatan yang bisa menambah kredit selain kegiatan akademis.

Selain komponen tersebut, ada dua tipe perolehan angka kredit, yakni dengan Kelas (K) dan Praktik (P). Rincian penambahan kredit bisa dilihat pada penjelasan di bawah ini. Angka di sebelah kanan kode menunjukkan batas maksimal perolehan kredit yang bisa diambil dari kode tersebut.

Komponen Akademis: 284 cr
Setiap komponen Akademis memiliki nilai kredit maksimal 5 cr di setiap topik. Total kredit yang bisa didapatkan dari komponen ini adalah 284 cr. Nilai kredit maksimal di sebuah topik akan didapat apabila:
  • Materi yang dibahas dalam kelas sesuai dengan silabus
  • Setiap post di dalam kelas harus memberikan deskripsi mengenai chara dalam mendapatkan atau mempelajari materi dalam pelajaran
  • Berinteraksi aktif
  • Memiliki tiga post bila kelas yang dimaksud adalah kelas umum yang melibatkan pengajar terkait atau memiliki lima post bila topik berupa kelas pengganti.

Adapun Komponen Akademis terdiri dari:
  1. Pengembangan Keterampilan: 48 cr
    Pengembangan Keterampilan memiliki kode T, meliputi:
    • Broomology (KTBR00) - 12
      Mata pelajaran di bagian ini membahas mengenai segala hal yang berkaitan dengan Broomology. Baik kelas mingguan maupun implementasi. Seluruh kelas (baik kelas umum maupun kelas pengganti), event, serta tugas yang memiliki deskripsi mengenai Broomology secara umum akan dimasukkan dalam kode di bawah kode baru di dalam KTBR00.
      - Kelas Umum Pengajar (KTBR01) - 7
      - Kelas Pengganti/Event/Tugas (KTBR02) - 5
    • Regulation and Control of Magical Abilities (KTRC00) - 12
      Membahas segala hal yang berkaitan dengan cara mengontrol kemampuan sihir alami yang dimiliki oleh penyihir. Seluruh kelas (baik kelas umum maupun kelas pengganti), event, serta tugas yang memiliki deskripsi mengenai Regulation and Control of Magical Abilities secara umum akan dimasukkan dalam kode di bawah kode baru di dalam KTRC00.
      - Kelas HM/Senapp (KTRC01) - 7
      - Kelas Pengganti/Event/Tugas (KTRC02) - 5
    • Charms (KTCA00) - 24
      Semua mata pelajaran yang berkaitan dengan penggunaan mantera sehari-hari dan mantera duel secara umum dikelompokkan di bawah kode KTCA00. Baik kelas umum maupun kelas pengganti, event yang berkaitan dengan penggunaan mantera sehari-hari dan duel serta tugas dari pengajar termasuk dalam kelompok ini.
      - Charms I (KTCA01) - 7
      - Charms II (KTCA02) - 7
      - Kelas Pengganti/Event/Tugas (KTCA03) - 10

  2. Pengembangan Keilmuan: 80 cr
    Pengembangan Keilmuan memiliki kode I, meliputi:
    • Magical World (KIWW00) - 56
      Mata pelajaran di bagian ini membahas mengenai segala hal yang berkaitan dengan dunia sihir secara umum. Seluruh kelas (baik kelas umum maupun kelas pengganti), event, serta tugas yang memiliki deskripsi mengenai pendidikan yang berhubungan dengan dunia sihir akan dimasukkan dalam kode di bawah kode baru di dalam KIWW00.
      - Wizarding World (KIWW01) - 7
      - History of Magic (KIWW02) - 7
      - Wizarding Political Philosophy (KIWW03) - 7
      - Ethics and Behavior (KIWW04) - 7
      - Ancient Runes (KIMW05) - 7
      - Kelas Pengganti/Event/Tugas (KIWW05) - 21
    • Muggle World (KIMW00) - 24
      Kelompok mata pelajaran di bagian ini membahas mengenai segala hal yang berkaitan dengan dunia muggle secara umum. Seluruh kelas (baik kelas umum maupun kelas pengganti), event, serta tugas yang memiliki deskripsi mengenai pendidikan yang berhubungan dengan dunia muggle akan dimasukkan dalam kode di bawah kode baru di dalam KIMW00.
      - Muggle Studies (KIMW01) - 7
      - Latin Lesson (KIMW02) - 7
      - Kelas Pengganti/Event/Tugas (KIMW04) - 10

  3. Pengembangan Keahlian: 156 cr
    Pengembangan Keahlian memiliki kode A, meliputi:
    • Divination (KADV00) - 48
      Kelompok Divination membahas mengenai segala hal yang berkaitan dengan Divination secara umum. Meliputi metode meramal yang digunakan, pergerakan benda langit, hingga metode perhitungan menggunakan Arithmancy. Seluruh kelas (baik kelas umum maupun kelas pengganti), event, serta tugas yang memiliki deskripsi mengenai divinasi secara umum akan dimasukkan dalam kode di bawah kode KADV00.
      - Arithmancy (KADV01) - 7
      - Astronomy (KADV02) - 7
      - Divination I (KADV03) - 7
      - Divination II (KADV04) - 7
      - Kelas Pengganti/Event/Tugas (KADV05) - 20
    • Beast and Creatures (KABC00) - 24
      Beast and Creatures membahas mengenai segala hal yang berkaitan dengan semua makhluk non-human. Seluruh kelas (baik kelas umum maupun kelas pengganti), event, serta tugas yang memiliki deskripsi mengenai makhluk non-human akan dimasukkan dalam kode di bawah kode KABC00.
      - Magizoology (KABC01) - 7
      - Magical Creatures (KABC02) - 7
      - Kelas Pengganti/Event/Tugas (KABC03) - 10
    • Herbology (KAHB00) - 12
      Kelompok Herbology membahas mengenai segala hal yang berkaitan dengan tanaman yang berkhasiat obat secara umum. Seluruh kelas (baik kelas umum maupun kelas pengganti), event, serta tugas yang memiliki deskripsi mengenai tanaman obat akan dimasukkan dalam kode di bawah kode KAHB00.
      - Kelas Herbology (KAHB01) - 7
      - Kelas Pengganti/Event/Tugas (KAHB02) - 5
    • Transfiguration (KATA00) - 24
      Pada kelompok ini membahas mengenai segala hal yang berkaitan dengan teknik transfigurasi. Baik yang berkaitan dengan animate maupun inanimate. Seluruh kelas (baik kelas umum maupun kelas pengganti), event, serta tugas yang memiliki deskripsi mengenai transfigurasi akan dimasukkan dalam kode di bawah kode KATA00.
      - Transfiguration I (KATA01) - 7
      - Transfigurasi II (KATB02) - 7
      - Kelas Pengganti/Event/Tugas (KATB03) - 10
    • Potion (KAPT00) - 24
      Pada kelompok ini membahas mengenai segala hal yang berkaitan dengan pembuatan ramuan. Mulai dari pemilihan bahan hingga pembuatan. Seluruh kelas (baik kelas umum maupun kelas pengganti), event, serta tugas yang memiliki deskripsi mengenai ramuan akan dimasukkan dalam kode di bawah kode KAPT00.
      - Basic Potions (KAPT01) - 7
      - Advanced Potions (KAPT02) - 7
      - Kelas Pengganti/Event/Tugas (KAPT03) - 10
    • Dark Arts (KAAC00) - 24
      Membahas mengenai segala hal yang berkaitan dengan Ilmu Hitam. Mulai dari pemahaman Ilmu Hitam itu sendiri sampai cara menangatasi Ilmu Hitam tersebut. Seluruh kelas (baik kelas umum maupun kelas pengganti), event, serta tugas yang memiliki deskripsi mengenai Ilmu Hitam akan dimasukkan dalam kode di bawah kode KAAC00.
      - Dark Arts and Curses (KAAC01) - 7
      - Defense Against The Dark Arts (KAAC02) - 7
      - Kelas Pengganti/Event/Tugas (KAAC03) - 10

Komponen Non Akademis: 63 cr
Syarat utama dari perolehan kredit dari Komponen Non Akademis adalah interaksi. Bila Chara murid tidak melakukan interaksi sama sekali meskipun persyaratan lain terpenuhi, nilai kredit dianggap hangus.

Komponen Non Akademis terdiri dari:
  1. Pengembangan Berkehidupan Masyarakat: 23 cr
    Pengembangan Berkehidupan Masyarakat memiliki kode M, meliputi:
    • Kegiatan Wajib
      • Junior Apprentice (PMJA00) - 13
        Memiliki kredit maksimal 5 cr per topik. Topik yang bisa memperoleh kredit terdiri dari topik pendalaman ranah teori dan pengabdian masyarakat. Nilai maksimal akan didapatkan dengan rincian sebagai berikut:
        1. Pendalaman Ranah Teori
          - Membahas materi sesuai dengan pendalaman ranah teori yang diambil
          - Melakukan 5 post.
          Kode: PMJA01 - 5
        2. Pengabdian Masyarakat
          - Mendeskripsikan penerapan kemampuan sihir yang didapatkan selama bersekolah untuk diterapkan dalam masyarakat
          - Melakukan 5 post
          Kode: PMJA02 - 8

      • Senior Apprentice (PMSA00) - 10
        Setiap murid yang menjadi Senior Apprentice memiliki hak nilai kredit. Maksimal angka kredit yang didapatkan adalah 10 cr per topik, bila memenuhi persyaratan sebagai berikut:
        • Materi yang dibahas dalam kelas sesuai dengan silabus
        • Aktif berinteraksi dengan murid
        • Memiliki lima post

        Asisten Pengajar (PMSA01) - 10

  2. Pengembangan Kepribadian: 40 cr
    Pengembangan Kepribadian memiliki kode P, meliputi:
    • Event (PPES00) - 20
      Setiap term, hanya satu topik yang bisa diajukan untuk mendapatkan kredit dari event. Topik tersebut bisa dari event asrama atau event sekolah. Kredit maksimal untuk setiap topik event sekolah adalah 4 cr. Sedangkan event asrama 3 cr per topik. Nilai maksimal akan didapat bila murid berperan aktif, berinteraksi dengan chara lain, dan melakukan minimal 3 post.
      Kode:
      PPES01 Event Sekolah - 10
      PPES02 Event Asrama - 10

    • Kegiatan Klub (PPHK00) - 20
      Sama halnya dengan event, kredit yang bisa diajukan setiap term adalah dua topik. Setiap kegiatan klub memiliki nilai maksimal 2 cr per topik, kecuali Quidditch dan Kjurnal yang memiliki nilai maksimal 3 cr bila anggota tersebut bertanding (bagi anggota klub Quidditch) atau menulis artikel (bagi anggota klub KJurnal). Klub Quidditch dan Kjurnal hanya boleh mengajukan kredit dari salah satu kegitan di setiap term. Misalnya, Kjurnal memiliki topik kegiatan klub dan menerbitkan artikel. Kredit yang bisa diajukan hanya salah satu. Topik kegiatan atau artikel. Tidak bisa keduanya sekaligus. Kegiatan klub yang dimaksud bukan topik yang murni hanya berisi pendaftaran anggota melainkan mendeskripsikan dengan jelas kegiatan dari klub itu sendiri. Untuk topik yang hanya melakukan pendaftaran klub tidak memiliki nilai kredit.

      Kode Kegiatan Klub:
      PPHK01 Quidditch - 2
      PPHK012 Tanding Quidditch - 6

      PPHK02 KJurnal - 2
      PPHK022 Artikel - 6

      PPHK03 KSworch - 4
      PPHK04 KRamuan - 4
      PPHK05 KDuel - 4
      PPHK06 KBerkebun - 4
      PPHK07 KMusik - 4


KOMPONEN PENGURANGAN ANGKA KREDIT:
Kredit yang dimiliki Chara murid akan berkurang apabila Chara tersebut tidak memberikan deskripsi yang jelas telah menyelesaikan detensi saat melakukan pelanggaran. Topik detensi yang mengurangi kredit akan dianggap sah apabila memenuhi semua kriteria berikut:
  • Murid terbukti melakukan pelanggaran peraturan sekolah
  • Pihak pemberi detensi tidak dengan sengaja mencari-cari kesalahan
  • Detensi yang diberikan bersifat mendidik dan tidak mengandung unsur bullying
  • Murid tidak melakukan detensi yang diberikan

Pengurangan kredit dilakukan dengan memotong batas maksimal kredit Akademis saat pengajuan kelulusan. Rincian pengurangan kredit apabila Chara mangkir dari detensi:
  • 1x mangkir = 10 cr
  • 2x mangkir = 30 cr
  • 3x mangkir = 50 cr
  • 4x mangkir = 100 cr
  • 5x mangkir = 200 cr + Hak perolehan kredit dicabut

Posted Image
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
1 user reading this topic (1 Guest and 0 Anonymous)
DealsFor.me - The best sales, coupons, and discounts for you
« Previous Topic · Buku Besar Permainan IndoHogwarts · Next Topic »
Add Reply